Arsene Wenger selaku manajer dari klub Arsenal mengaku bahwa dirinya memiliki minat kepada salah satu pemain bintang Chelsea, Juan Mata. Namun meskipun demiian ia yakin Chelsea tak akan dengan mudah melepaskan si pemain terlebih untuk klub rivalnya.

Masa depan dari Mata menjadi spekulasi ada sepanjang bursa transfer musim panas ini. Pemain tengah tim nasional Spanyol tersebut sering dikaitkan dengan salah satu rival terbesar Chelsea, Manchester United. Mata dikabarkan menjadi salah satu pemain yang akan ditukar dengan kedatangan Wayne Rooney yang selama ini diharapkan oleh Chelsea.

Meskipun si pemain langsung dapat menunjukan sinarnya setelah didatangkan dari Valencia namun posisi Mata dibawah asuhan Jose Mourinho masih kurang aman. Seperti yang telah diketahui, untuk posisi lini tengah Chelsea masih berderet nama-nama seperti Eden Hazard, Oscar, Andre Schuerrle dan juga Kevin de Bruyne, dan satu pemainĀ  lagi yang nampaknya akan didatangkan oleh The Blues, Willian.

Isu tentang Mata yang akan hengkang dari Chelsea juga nampaknya sekain berhembus kencang setelah si pemain tak nampak dalam laga yang digelar di Old Trafford antara MU kontra Chelsea di awal pekan ini. Artinya pemain yang berusia 25 tahun tersebut baru tampil sebanyak satu kali dan itupun ia tak diurunkan secara penuh, dari tiga laga kompetitif yang telah dijalani Chelsea pada musim ini.

Arsenal menjadi klub yang belakangan juga dihubung-hubungkan dengan Mata. Bersamaan dengan kehadran dari ayahyang merangkap sebagai agen dari Mata, Juan Senior, di bangku penonton dalam laga Arsenal berhadapan dengan Fenerbahce pada laga leg II utuk playoff Liga Champions. Meskipun Chelsea sendiri telah menegaskan bahwa si pemain tak akan dijualnya.

Wenger mengakui bahwa ia menyukai Mata. Bahkan ia juga memberikan minat untuk dapat mendatangkan si pemain kedalam skuatnya. Hal tersebut juga nampaknya muncul setelah Wenger menyaksikan sendiri laga antara MU kontra Chelsea, si pelatih juga mendengar tentang berita kemungkinan Juan Mata yang masuk dalam daftar pemain di bursa transfer musim panas ini.