Dalam duraso waktu lima atau 10 tahun ke depan, dunia sepakbola tidak akan lagi bisa menyaksikan sosok pelatih André Villas-Boas (AVB). Hal itu memang benar, pasalnya pelatih muda tersebut sudah ancang-ancang untuk masa pensiunnya. Dia mengatakan jika dia bakal beralih profesi yang selama ini menjadi impiannya yaitu dunia reli.

Pelatih Tottenham Hotspur berpaspor Portugal tersebut saat ini bahkan belum termasuk pelatih senior seperti pelatih-pelatih lainnya. Umurnya pun juga baru mencapai angka 35 tahun dan ini masih cukup muda untuk seorang pelatih Walaupun dia mengaku kecintaannya pada sepakbola tidak akan pernah luntur, akan tetapi AVB tetap ingin membatasi diri dalam dunia kepelatihan.

“Semangat saya untuk sepakbola menjadikan kehidupan saya sangat intensif selama 11 bulan. Dan selama ini juga saya mendedikasikan hidup saya untuk sepakbola. Akan tetapi kemudian saya berpikir, boleh saja Anda hidup untuk melakukan hal ini,” kata AVB.

“Menurut saya, pasti ada batasan dalam segala sesuatu hal. Dan  dalam lima atau 10 tahun lagi, saya bakal mengakhiri karir saya dalam dunia kepelatihan. Bermain di reli Dakar merupakn impian dan ambisi saya. Saya pun juga tahu jika saya mesti mewujudkan mimpi itu,” tambah AVB.

“Hal yang saya lakukan adalah berangkat dari semangat untuk melakukan sebuah kewajiban dan suatu tujuan dalam hidup. Namun saya cuma bisa melakukannya ketika saya sudah keluar dari dunia sepakbola dan saya pasti bakal melakukan hal tersebut,” lanjut AVB.

Usai mengatakan terkait pembatasan diri atas profesinya sebagai pelatih, AVB mengatakan jika dia akan terus memberi yang terbaik untuk tim yang dilatihnya selama masih aktif menjadi pelatih. Di titik terakhir kariernya nanti, AVB ingin meraih kebanggaan terhadap karier kepelatihannya dengan memenuhi semua kewajiban yang diberikan kepadanya.

“Saya cuma ingin bangga atas karier saya. Saya mencoba untuk memberikan yang terbaik saat saya menjadi pelatih. Hal itu bisa saya tunjukkan dengan mencapai target yang yang dibuat oleh tim yang saya tangani. Saya tidak tahu ke mana karir saya selanjutnya. Yang pasti, karier saya di dunia sepakbola tidak akan bertahan lama lagi,” tutup AVB.