Tim nasional Belanda sempat terancam dapatkan kekalahan saat berhadapan dengan tim yang lemah seperti Astonia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia. Louis van Gaal selaku pelatih Belanda nampaknya tak mampu menyembunyikan perasaannya atas kekecewaan dari hasil yang didapatkan Belanda.

Laga yang dijalani di A. Le Coq Arena, di Tallinn, pada hari Sabtu (7/9/2013) dinihari WIB, timnas Belanda hanya mampu mendapatkan hasil imbang dengan skor 2-2. Belanda sempat memimpin pertandingan dengan cepat lewat gol yang dibuat Arjen Robben namun tim tuan rumah berhasil mengajar ketinggalan bahakn membalik keadaan setelah pemain Konstantin Vassiljev mencatatkan dua gol.

Belanda nampaknya dapat terselamatkan berkat hadiah tendangan penalti yang didapatkannya dari sang wasit ketika pertandingan menjelang waktu terakhirnya. Robin van Persie menjadi pemain yang melakukan eksekutor dari kesempatan penalti tersebut dan dengan sukses menyelesaikan tugasnya.

Van Gaal menyatakan bahwa timnya bermain dengan cukup bagus pada babak pertama, buktinya adalah gol yang dibuatnya dengan cepat d babak tersebut mereka juga berhasil melakukan pengusaan bola dengan baik sehingga tim lawan tak mampu mndapatkan kesempatan bergulirnya bola.

Namun dalam pertandingan disaat tim lawan tak memiliki kesempatan, justru merka berhsil menyamakan kedudukan dan hal tersebut langsung membuat Belanda kehilangan kepercayaan diri. Karena hal tersebut maka tim Belanda mulai kehilangan keberanian untuk dapat membangun serangannya kembali dan tak mampu mengembalikan kepercayaan dirinya.

Meskipun tak dalat poin penuh namun Van Gaal harus puas dengan poin yang didapatkannya meskipun poin tersebut tak sempurna, dan tim bermain dengan jauh dari harapan.

Van Gaal menyatakan rasa senang karena semangat yang dimiliki oleh timnya untuk dapat bangkit kembali. Keuntungan bagi Belanda mendapatkan kesempatan untuk melakukan tendangan penalti dan membuat skor menjadi 2-2. Namun Van Gaal tetap tak puas dengan tampilan seperti itu.

Kendati demikian Van Gaal tetap punya ambisi yang cukup besar untuk lolos ke Piala Dunia 2014 dengan para pemainnya saat ini. Menurutnya para pemainnya adalah pemain yng bersedia melakukan apapun untuk Van Gaal.