Bukan peratandingan pertama kali antara Brasil dan juga Spanyol, selama 13 tahun silam kedua tim telah bertemu beberapa kali. Kini antara Tim Samba dan juga Tm Matado kembali bertemu, sebelumnya antara Brasil dngan Spanyol kedudukan lebih diunggulkan oleh Brasil.

Spanyol akhirnya mampu lolos kebabak final setelah berhasil menyingkirkan Italia dalam laga yang tak ringan. Tim Matador harus menjalankan laga selama 120 menit tanpa gol dan pada akhitnya menang atas Italia melalui babak adu enalti dengan skor 7-6 atas Italia. Hal ini karena babak normal dan perpanjangan tak mampu menghasilka satu go un dan skor imbang 0-0.

Lolosnya La Furia Roja kebabak final sudah menjadi sebuah penantian dari Brasil karena mereka nampakya ingin mencicipi kemampuan dari tim Matador. Tim tuan rumah sebelumnya telah berhasil lebih dahulu untuk mendapatkan tiket kebabak final setelah laga memenangan pertandingan saat bermain dengan Uruguay.

Laga final direncanakan akan digelar pada tanggal 30 Juni atau 1 Juli 2013 yang akan datang. Ini akan menjadi laga pertandingan esebelas antara Brasil melawan La Furia Roja setelah 3 tahun silam. Buka pertama kalinya bertanding namun ini seperti laga pertemuan pertana untuk kedua tim karena cukup butuh waktu lama untuk dapat mengulang laga tersebut. ini adalah laga pertandingan pertama kalinya sejak 3 tahun yang lalu.

Pada kesepuluh laga yang sebelumnya, Brasil lebih unggul dari Spanyol. Total kemenangan yang didapatkan oleh Brasil adalah sebanyak lima kali kemenangan. Sedangkan untuk Spanyol mereka mampu memperoleh tiga kali kemenangan. Untk dua pertandingan lainnya antara Brasil dan juga Spanyol didapatkan skor imbang, jadi berdasarkan catatan ini Brasil dirasa lebih unggul dari Spanyol pada 13 tahun silam.

Laga pertama antara Brasil dengan Spanyol terjadi pada Piala Dunia ditahun 1934 pada babak perdelapanfinal, pada pertandingan tersebut Spanyol unggul dengan skor 3-1. Sedangkan untuk pertandingan terakhirnya pada 13 September 1999. Untuk laga yang terakhir ini Brasil dan juga Spanyol mendapatkan skor imbang 0-0.