Wigan Athletic berhasil menjadi juara Piala FA Cup musim ini 2012 – 2013 setelah kalahkan tim unggulan dalam laga final Manchester City dengan hasil tipis 1 – 0. Bermain tidak dalam tekanan sebagai tim kuda hitam membuat Wigan Athletic dengan nyaman selalu manfaatkan peluang mereka sejak babak pertama. Insiden kartu merah Pablo Zabaleta di menit akhir babak kedua membuat Wigan Athletic lebih bersemangat dalam menghancurkan Manchester City yang tidak seimbang.

Gol yang di nanti oleh Wigan Athletic akhir nya terjadi di menit 90 laga oleh Ben Watson yang sukses teruskan umpan silang dari Shaun Maloney. Keunggulan Wigan Athletic yang gagal di samakan oleh Manchester City hingga babak tambahan waktu usai membuat klub yang penuh kejutan itu menjadi kampiun FA Cup di musim ini.

Walau saat ini Wigan Athletic tengah serius menjalani kompetisi Liga Primer Inggris untuk keluar dari jeratan zona degradasi tidak membuat kinerja mereka melemah di kompetisi Piala FA Cup. Terbukti semangat yang di suarakan oleh Roberto Martinez sejak jumpa media di awal laga bukan isapan jempol belaka.

Roberto Martinez juga sangat bangga dengan hasil kinerja keras nya bersama dengan Wigan Athletic musim ini di FA Cup. Bahkan pelatih dari Spanyol itu menangis bahagia di akhir laga sebelum ikut rayakan gelar dengan semua pemain Wigan Athletic di panggung yang sudah di sediakan oleh panitia pertandingan Wembley.

Roberto Martinez di akhir laga juga memberikan sejumlah masukan kepada tim nya yang sudah berhasil menjadi juara FA Cup musim ini. Roberto Martinez sangat bangga dengan kerja keras semua pemain sejak awal kompetisi jelas nya dalam laman klub Wigan Athletic hari ini. Ini juga pertandingan besar dan kami sebagai tim non unggulan sangat bersemangat dalam dapatkan troffi Piala FA Cup tahun ini yang belum tentu musim depan kembali ke tempat ini imbuh Martinez.

Memang sebelum laga banyak pengamat sepak bola dan warga London mencibir performa Wigan Athletic dalam laga kontra Manchester City. Namun dalam sepak bola tidak ada yang mustahil dan mimpi kami menjadi juara adalah benar ada nya imbuh Martinez di akhir konferensi media di laman Wigan Athletic.