Di musim ini Manchester City gagal total.  The Citizens tidak berhasil mempertahankan mahkota Premier League musim ini dan mesti merelakannya jatuh ke tangan rival sekotanya, Manchester United.

Prestasi lebih buruk dibuat oleh City di pentas Liga Champions. Mereka tidak berhasil lolos dari fase Grup. Dan lebih parahnya lagi, City musim ini tidak pernah memenangkan laga di Liga Champions.

Salah satu harapan City memperoleh gelar tinggal dari laga FA Cup. Namun sayang sekali, City justru ditaklukan oleh Wigan Athletic dengan skor 0-1 di partai final yang diselenggarakan  di Stadion Wembley, Sabtu (11/5/2013) malam WIB.

Dan secara resmi Manchester City mengumumkan sudah memberhentikan pelatih Roberto Mancini sebelum musim ini berakhir. Manajemen City menyampaikan jika alasan pihak klub memecat Mancini yaitu karena kegagalannya dalam mencapai beberapa target klub musim ini. Manchester City tidak berhasil meraih gelar apapun di musim ini.

“Dengan sangat menyesal kami, Manchester United  mengumumkan jika sang pelatih, Roberto Mancini sudah diberhentikan dari tugasnya sebagai pelatih Manchester City,” tulis di situs remi klub.

“Keputusan ini merupakan keputusan yang cukup berat untuk kami pemilik klub, pemimpin, dan jajaran direksi klub. Dan dengan tidak mengurangi rasa hormat kami kepada Mancini, atas perannya yang begitu besar untuk klub ini kami memutuskan untuk memberhentikan tugasnya sebagai pelatih. Ini merupakan hasil akhir dari evaluasi kami selama musim ini.”

“Walaupun Mancini sudah melakukan yang terbaik untuk klub ini, namun  beliau tidak berhasil mencapai target kami di musim ini, kecuali mengantar klub ke Liga Champions musim depan.”

“Keputusan untuk mencari pelatih musim 2013-2014  baru akan dilakukan setelah mempertimbangkan aspek pendekatan secara keseluruhan untuk mengembangkan semua aspek sepakbola di klub.”

Manchester City yang masih mempunyai dua pertandingan terakhir Liga Primer dan beberapa laga persahabatan di Amerika Serikat mempercayakan posisi pelatih kepada Brian Kidd. Dan pelatih Malaga, Manuel Pellegrini, yang sedang ramai diberitakan bakal mengganti posisi Mancini sebagai pelatih City.