Setelah lama diliputi banyak cidera yang memaksanya tak mampu tampil bagus, kini Carles Puyol tampaknya diprediksi tak lama lagi akan pulih. Pasalnya bek El Barca tersebut saat ini dikabarkan sedang mendapatkan penanganan serius dari tim medis yang mengurusinya. Puyol diberitakan sedang menjalnai serangkaian operasi dalam proses penyembuhan fisiknya yang sering terkena cidera. Diperkirakan usai menjalani serangkaian penanganan medis tersebut, Puyol akan kembali turun ke lapangan hijau saat sesi latihan jelang musim laga Piala Dunia tahun 2014 mendatang.

Saat ini Carles Puyol terhitung telah melakukan tiga kali operasi yang difokuskan untuk membedah lutut kanannya. Hal itu dilakukan oleh tim medis kepada Puyol dengan tujuan untuk menghilangkan kista di bagian lutut yang selama ini sering menjadi masalah yang mengganggu performa sang pemain Timnas Spanyol tersebut. Sayangnya langkah yang dilakukan oleh tim medis  tersebut sangatlah beresiko terhadap kelangsungan masa depan Carles Puyol. Tentu proses medis tersebut memiliki banyak kendala resiko, terlebih usia Puyol saat ini terhitung sudah tidak muda lagi. Di usianya yang telah menginjak 35 tahun, Puyol pun harus lebih bisa menjaga kebugaran badannya demi kelangsungan karirnya di laga – laga selanjutnya.

Proses operasi yang dijalani oleh Puyol akhirnya baru bisa selesai setelah berjalan dalam kurun waktu 35 menit. Setelah operasi dilakukan oleh para tim medis, mereka memberitahukan bahwa Carles Puyol akan kembali berlaga pada tanggal 15 Juli 2013 mendatang. Sehingga dengan kembalinya Puyol di hari tersebut, sang pemain bertahan skuat Los Cules tersebut mampu turut andil dalam sesi latihan pra musim bersama skuat klub Barcelona yang dipunggawainya.

Carles Puyol sendiri saat ini dinilai memang sangat haus akan pertandingan. Pasalnya setelah serangkaian cidera yang dialami, Puyol harus menahan keinginannya untuk unjuk kebolehan diatas lapangan pertandingan. Selain itu, Puyol harus menjadi salah satu  pemain yang hanya mampu menjadi penonton saat digelarnya Piala Eropa serta Piala Konfederasi kali ini. Kini Puyol berharap bisa segera bermain kembali.