Pelatih tim nasional Italia, Cesare Prandelli melontarkan pujian atas kegemilangan yang ditunjukkan oleh penjaga gawang, Gianluigi Buffon. Pujian tersebut diberikan karena sang penjaga gawang berhasil yang menahan tiga eksekusi penalti Uruguay pada drama adu penalti dalam duel perebutan posisi ketiga Piala Konfederasi 2013.

Buffon berhasil menggagalkan tendangan dari Diego Forlan, Martin Caceres, dan Walter Gargano pada pertandingan yang diadakan di Arena Fonte Nova, Salvador, pada Minggu (30/6/02013). Cuma Luis Suarez dan Edinson Cavani yang sukses membobol gawang Buffon pada drama adu penalty tersebut.

Prandelli mengatakan jika banyak orang di Italia yang mengatakan jika menyelamatkan tendangan penalty merupakan sesuatu yang mudah. Dia juga mengatakan jika Buffon merupakan salah satu penjaga gawang yang luar biasa dan sang kiper sudah menunjukkan jika dia sangat peduli dengan kostum yang dikenakannya. Kiper sekaligus kapten tim ini berhasil menunjukkan penampilan terbaiknya pada pertandingan perebutan posisi ketiga Piala Konfederasi 2013 tersebut.

“Di Italia, banyak orang yang berkata jika hal yang membuat geli dalam usaha untuk menyelamatkan tendangan penalti merupakan hal yang begitu mudah,” kata Prandelli.

“Gigi adalah penjaga gawang luar biasa yang malam. Dia menunjukkkan jika dia sangat peduli dengan kostum yang dia kenakan saat ini, Dia bermain dengan sangat baik,” kata Prandelli.

Dari pihak Azzurri, Alberto Aquilani, Stephan El Shaarawy, dan Emanuele Giaccherini berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Satu-satunya eksekutor yang tidak berhasil yaitu hanya bek sayap muda, Mattia De Sciglio.

Italia pun sukses meraih posisi ketiga dengan perolehan skor 3-2 usai selama 120 menit bermain dengan imbang yaitu 2-2 di mana pada 10 menit terakhir perpanjangan waktu mesti dilalui dengan 10 orang pemain. Hal ini dikarenakan Riccardo Montolivo diberi hadiah kartu merah oleh sang wasit.

Gol-gol Italia dibuat  oleh Davide Astori pada menit ke-24 dan Alessandro Diamanti pada menit ke-73. Sementara itu, dua gol Uruguay semua dicetak oleh Cavani yaitu pada menit ke-58 dan 78.