Tito Vilanova merupakan salah satu kawan terdekat yang dimiliki oleh Pep Guardiola. Saat mendengar berita tetang kawan baiknya itu, Vilanova, Pep Guardiola mengaku bahwa dirinya ikut merasa kesulitan yang sedang dialami oleh kawannya tersebut.

Vilanova nampaknya telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya saat ini sebagai pelatih dari Barcelona pada jumat (19/7/2013). Pria yang telah berusia 44 tahun tersebut memutuskan untuk mengundurkan diri karena ia sedang manjalani perawatan penyakin yang dialaminya. Vilanova mengidap penyakit kngker kelenjar parotid sehingga harus bolak=balik melakukan perawatan dirumah sakit.

Guardiola mengaku bahwa dirinya turut merasakan apa yang dialami oleh kawannya itu. Guardiola merasa berat dan karena Vilanova adalah kawannya maka Guardiola mengaku bahwa dirinya sangat peduli kepada dirinya.

“Saya tak dapat melakukan apa-apa, dan yang biasa saya lakukan hanyalah mendoakan agar dirinya dan kuarganya juga mendapatkan apapun yang terbaik untuk mereka. Mereka juga akan mendapatkan ketabahan dalam menghadapi momen yang sangat berat ini, ujar Guardiola”

Vilanova merupakan orang yang menjadi asisten dari Guardiola aat dirinya menjadi manajer di Barca. Namun setelah Guardiola mundur dari posisinya itu, Barca secara otomatis kemudian menjadikan Francesc Vilanova i Bayo tersebut untuk naik dan menjadi pengisi dari posisi yang ditinggalkan oleh Guardiola. Vilanova menjadi manajer dari Barcelona.

Namun antara Vilanova dan juga Guadiola sempat mengalami masa-masa yang panas karena bersamaan dengan apa yang telah di sampaikan oleh Guardiola terhadap petinggi dari Barca. Guardiola memberikan kritikan yang dirasa sangat keras untuk para petinggi Barca.

Vilanova bahkan menyebut bahwa Guardiola tak menghubungi dirinya ketika ia mendapatkan perawatan ketika ia berobat di Ney York pada beberapa bulan yang lalu. Ini mendaikan berita yang cukup menampar Guardiola.

Namun kendati demikian, mendngar berita mundurnya Vilanova dari Barca, Guardiola merasa empati atas apa yang dialami oleh kawannya itu dalam kondisi yang cukup berat.

Kini Guardiol adalah manajer yang membawaki Bayern Munich, ia tetap merasakan hal yang berat pula tentang yang dialami oleh kawannya itu.