Sudah sederet petinggi dunia sepakbola berkomentar mengenai Sir Alex Ferguson. Sekarang daftar itu  ditambah oleh legenda asal Brasil, Pele.

Pele dalam kicauan dalam akun Twitter resminya menulis jika Fergie merupakan salah satu idolanya. Tidak cuma itu, dia pun juga menyebut jika manajer asal Skotlandia itu merupakan seorang legenda.

Sir Alex, Anda merupakan pelatih idola saya, dan Anda merupakan contoh untuk generasi-generasi di masa depan,” kata Pele.

Sir Alex, Anda merupakan legenda dan pencapaian Anda tampaknya sulit untuk disamai,” tambahnya.

Lahir di Glasgow 31 Desember 1941, atau 71 tahun lalu, Fergie mulai berkenalan dengan dunia manajer pada Juni 1974 ketika  dipilih menjadi manajer East Stirlingshire. Waktu itu umurnya baru 32 tahun.

Hanya dalam waktu sebentar saja dia di sana sebab usai itu Fergie pindah untuk menangani St. Mirren. Di sini dia mulai menorehkan sukses pertamanya sebagai manajer, dengan memboyong klub itu memenangkan Divisi Pertama Skotlandia–kasta kedua–musim 1976-77.

Setelah St. Mirren, yang dia tangani periode 1974–1978, Fergie lalu menangani salah satu klub terkenal Skotlandia, Aberdeen. Di sini ia semakin mengibarkan namanya sebagai manajer, usai membawa klub itu meraih beberapa gelar pada periode 1978–1986.

Dia di antaranya berhasil mengantar Aberdeen merndapatkan tiga gelar Liga Primer Skotlandia dan satu trofi Piala Winners. Sentuhan tangannya untuk Aberdeen menjadikan Fergie pernah dihubungkan  dengan klub Liga Primer Inggris, Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Hingga pada 6 November 1986. Fergie membuat kesepakatan dengan MU untuk menjadi manajer klub tersebut. Di sinilah lalu karier Fergie yang bergelimang trofi dimulai–termasuk ketika MU menjadi treble winner musim 1998-99.

Tidak Cuma sekali-dua kali Fergie memperoleh tekanan karena hasil yang dicapai MU di atas lapangan, termasuk di awal kariernya. Namun dia tetap kokoh di posisinya dan baru bakal pensiun sebagai manajer di akhir musim ini, saat dia sukses membawa MU mempertahankan gelar Liga Primer Inggris. Dari 49 trofi yang dia persembahkan untuk klub-klub yang pernah ditanganinya, 38 trofi di antaranya Fergie raih bersama MU.