Tercatat beberapa pemain kelas dunia yang menghiasi dunia sepakbola belakangan ini akan saling berhadapan untuk memperebutkan penghargaan bergengsi Golden Foot Award. Beberapa pemain sepakbola kelas dunia yang memiliki peluang besar untuk menyabet gelar Golden Foot Award tersebut adalah Andreas Iniesta, Frank Lampard, Miroslav Klose, Andrea Pirlo, David Bechkham, Cristiano Ronaldo, dll. Dalam penghargaan Golden Foot Award tersebut ada 10 nominator yang akan memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Namun tampaknya penghargaan berkelas Golden Foot Award ternyata tak hanya meningincar beberapa pemain muda yang ada di lini depan saja. Tercatat nama sang penjaga gawang Iker Casillas pun masuk dalam nominator peraih Golden Foot Award itu. Selain Casillas, ada juga nama Didier Dorgba, Samuel Eto’o,  serta David Trezeguet yang juga akan meramaikan perebutan gelar pemain yang akan meraih Golden Foot Award. Untuk bisa ikut andil dalam ajang pemilihan pemain yang akan meraih Golden Foot Award tersebut, semua orang bisa mengaksesnya di laman resmi goldenfoot.com. Di laman resminya itu, semua orang bisa memiliki kesempatan yang sama untuk bisa turut memberikan poling mereka.

Pemain yang akan meraih Golden Foot Award tersebut adalah pemain yang memiliki jumlah poling yang paling banyak. Oleh karena itu setiap pemain memiliki kesempatan yang sama besar untuk bisa menggaet penghargaan itu. Pemain yang berhasil menggaet penghargaan Golden Foot tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk dibuatkan cetakan kaki yang akan di letakkan pada Champions Promenade yang ada di kota Monte Carlo. Penghargaan tersebut hampir sama dengan apa yang ada di Walk of Fame, namun di tempat tersebut terdiri dari cetakan tangan dan kaki aktor besar para pelaku film yang menghiasi Hollywood.

Golden Foot Award sendiri merupakan suatu penghargaan yang disematkan pada seorang pemain sepakbola profesional dimana sang pemain tersebut sudah mencapai usia 29 tahun. Penerima penghargaan tersebut adalah para pemain yang sukses bersama klubnya serta mendapatkan pengakuan publik serta para penggiat sepakbola.