Penampilan Neymar selama berlaga di Piala Konfederasi tahun 2013 tak dapat dipandang sebelah mata dan dapat diperhitungkan. Bahkan dirinya mendapat pujian dari sang pelatih, Luiz Felipe Scolari.

Neymar menunjukan performa yang luar biasa dalam dua laga terakhirnya di Piala Konfederasi. Saat laga melawan Meksiko, Neymar mampu mengantongi satu gol dan satu asisst. Sedangkan dalam laga melawan Italia yang  baru ia lakukan mampu mencetak satu gol lewat sebuah tendangan bebas.

“Dia merupakan seorang pahlawan untuk publik Brasil dan untuk semua orang yang punya kesenangan pada sepakbola,” ujar Scolari.

Scolari berpendapat bahwa Neymar mulai menunjukan kebolehannya. Ia mampu memenuhi apa yang teah di ekspektasikan publik dan para suporter Brasil terhadap dirinya. Neymar bermain secar fatastic dan sangat menonjol dalam setiap laganya. Pemain berusia 21 tahun tersebut yang bru terbagung bersama dengan klub sekelas Barcelona mampu menunjukan penampilan yang berbeda dan menjadi pembeda dalam setiap gelaran laga yang ia mainkan.

Tak ingin ketinggalan dengan komentar yang diberikan oleh Scolari, Big Phil juga turut memberikan komentarnya perihal apa yang dia saksikan tentang tembakan yang diberikan Neymar dalam pertandingan, perihal tendangan bebas yang dilakukan.

“Neymar punyai beberapa gerakan yang hebat saat ini. Dia adalah pemain yang punya variasi bermain yang sangat banyak sehingga dapat membuat perbedaan.”

Neymar mampu melihat celah yang diberikan tanpa sengaja oleh tim lawan. Setiap kesempatan ia gunakan secara maksimal sehingga mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Seperti yang dilakukan Neymar saat berlaga melawan Italia.”Neymar melihat (Gianluigi) Buffon malukan sedikit gerakan ke awah pinggir dan dia tahu apa yang harus dia lakukan saat itu, dia paham situasi tersebut dan akhirnya mengarahkan tembakannya ke pojok.”

Perolehan yang Neymar dapatkan saat ini adalah mampu mengantongi tiga buah gol di Piala Konfederasi 2013. Perolehannya saat ini hanya tertinggal satu gol dari perolehan pencetakgol terbanyak, Fernando Torres yang telah mampu mengumpulkan empat gol dalam laga Piala Konfedersi.