Belo Horizonte. Pada dini hari tadi, untuk kali pertamanya wonderkid Brasil yang ebrnama Neymar da Silva tidak mampu untuk menciptakan satu gol pun di dalam pertandingan yang dijalaninya  di ajang Piala Konfederasi. Akan tetapi siapa bilang bahwa pemain belia yang berasal dari Brasil tersebut tidak dijadikan sebagai bahan dari hightlight yang bahkan dapat dikatakan terbilang sedikit akan kontroversial yang berhubungan dengan dirinya.

Di dalam kompetisi di partai semifinal saat berhadapan dengan Uruguay, tim nasional Samba berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis sebanyak 2 – 1. Akan tetapi dua buah gol kemenangan yang berhasil diraih oleh Brasil tersebut tidak dapat dihasilkan oleh pilar baru di kubu El Barca tersebut. melainkan dari Fred Guedes dan juga Paulinho Junior.

Neymar sendiri yang sekiranya bukan tak memiliki peran di dalam pertandingan tersebut, terlebih lagi malah pemain yang nyentrik tersebut telah menjadi bidan dari dua buah gol bagi Selecao yang berhasil masuk ke gawang lawan tersebut. akan tetapi terdapat salah satu insiden  yang menjadikannya akan diingat, yaitu terlebih lagi bagi klub Uruguay. Bukan mengenai crossing sepak pojok yang setelah itu disambut dengan sundulan yang dilakukan oleh Paulinho di menit ke 86 tetapi dua kali kecupan yang provokatif.

Memang benar pada waktu pertandingan masih dengan skor imbang  1 – 1, Neymar yang hendak mengambil sepak pojok entah dengan berdasarkan alasan apa, pihaknya memberi kiss goodbye atau yang disebut dengan cium jauh dengan sedikit gesture meledek dari salah satu pemain dari kubu La Celesta tersebut yang bernama Alvaro Gonzalez yang elah ebrjalan di hadapan Neymar setelah dirinya menerima perawatan dari tim medis.

Seakan pada waktu insiden tersebut terekam oleh video, Neymar kemudian menjadi banyak perbincangan publik. Sejak lama Neymar memang kerap kali disoroti tidak hanya mengenai teknik bermainnya akan tetapi juga attitudenya. Di dalam pertandingan yang sama, Neymar juga sempat dituding tengah melakukan sebuah diving di lapangan dan kemudian dirinya secara langsung memberikan bantahan.