Saat klub lainya sedang sibuk lakukan pembelian pemain baru, Chelsea telah usai melakukan aktifitas transfernya. Chelsea telah mendatangakan pemain baru di awal bursa transfer, dan menurut Mourinho ini akan menguntungkan.

Marco van Ginkel, Andre Schurrle, dan Mark Schwarzer telah bergabung dalam Chelsea pada awal musim panas ini. Ketiganya bahkan telah bergabung dalam tur musim panas yang mereka jalani ke Asia, termasuk juga ke Indonesia.

The Blues telah bergerak dengan sangat cepat dan hal ini menjadikan Mourinho merasa senang. Pria asal Portugal tersebut bahkan menyebut bahwa pemain baru yang bergabung dengan cepat kedalam tim akan memberikan keuntungan tersendiri dalam mempersiapkan tim menghadapi musim selanjutnya.

Menurut Mourinho, datangnya pmain baru lebih cepat akan membuat dirinya tahu tentang skuat yang ia miliki dan juga kerjasama yang akan dijalani serta lebih punya waktu untuk hal itu pastinya.

Saat suatu klub mengambil sebuah keputusan disaat terakhirnya maka akan menjadikan masalah untuk klub tersebut dan juga klub lainnya yang pemainnya ditransfer karena harus dengan segera mencari penggantinya. Dengan situasi seperti ini maka dirasa tak ada klub yang aman.

Chelsea yang memutuskan untuk tak alami banyak perubahan maka akan lebih punya waktu untuk menjadikan tim lebih solid lagi dari sebelumnya, bukan membentuknya dari awal.

Disaat menit terakhir sebuah klub pada akhirnya mengambil seorang pemain, maka yang menjadi efeknya adalah keseimbangan dari manajer dalam klub yang diambil pemainnya akan goyah saat ia bekerja dalam klub tersebut. Bahkan Sebaliknya juga dengan klub yang baru kedatangan pemain baru.

“Jika mengingat hal tersebut aka kami akan meresa aman karena kami telah memutuskan untuk tak menjual pemain. Sehingga dengan ini tak akan pemain saya yang akan pergi dalam kondisi seperti itu. Ini adalah hal yang bagus menurut saya, namun masih banyak tim yang menunggu hingga musim selesai, bahkan mereka tak memikirkan tentang bagaimana skuatnya nanti,” ujar Mourinho, pelatih yang pernah menjadi manajer dari Porto dan juga Real Madrid.