Pemain muda biasanya dipinjamkan oleh klub besar untuk mendapatkan pengalaman yang lebih banyak lagi dan juga jam terbang. Dan biasanya mereka juga di turut sertakan dalam tur-tur pramusim yang dijalankan ke berbagai negara dan diberi kesempatan untuk bermain, dengan tujuan para manajer bisa melihat tampilannya dan berminat untuk menggunakan jasanya.

Pemain muda yang tampil dengan cemerlang bisa jadi punya kesempatan untuk tembus ke tim utama di klubnya, sementara yang lain bisa dipinjamkan keklub lainnya. Hal ini nampaknya juga dilakukan oleh Chelsea.

Jose Mourinho mengakui kehebatan para pemain muda yang berada dalam timnya. Seperti Nathaniel Chalobah yang baru berusia 18 tahun dan menjadi pemain pinjaman di Watford sepanjang musim 2012/2013. Chalobah dianggap sebagai talenta muda yang berbakat namun kini ia harus menjadi pemain pinjaman lagi untuk musim depan.

“Itu adalah tujuan kami dan kami juga telah memiarahan hal ini sebelumnya dengan si pemain,” ujar Mourinho. “Dia adalah pemain muda yang punya bakat cukup hebat dan ia telah bermain dengan baik, saya menyukainya dan saya terkesan dengan dirinya.”

Selama menjadi pemain pinjaman di Watford, Chalobah telah bermain sebanyak 38 kali dan juga menyumbangkan sebanyak 5 gol. Karena penampilannya tersebut ia sempat dipanggil untuk memperkuat timnas Inggris di Piala Eropa U-21. Dia adalah pemain yang punya banyak talenta karena ia bisa sebagai gelandang maupun sebagai pemain bertahan.

“Dia bisa menjadi pemin dalam skuat kami namun saya telah memutusan untuk eminjamkan selama satu musim lag dan baru akan emnggnakannya pada musim selanjutnya. Ini karena dia adalah pemain yang bagus.”

Mourinho juga nampaknya akan meminjamkan Lucas Piazon dan Josh McEachran. Bahakn pemain yang sempat mendapat ujian dari Mourinho, Bertrand Traore juga menjadi salah satu pemain yang akan dipinjamkan.

Untuk Traore pemain yang masih sangat muda yang baru berusia 17 tahun tersbut nampaknya dipinjamkan karea ijinnya untuk dimainkan masih belum bisa turun mengingat umurnya yang belum 18 tahun. Ia harus bermin denga izin karena ia adalah pemain non-Uni Eropa. Alasan inilah sehingga Mourinho memutuskan untuk meminjamkannya lebih dahulu.