Seperti yang diketahui jika sosok pelatih Jose Mourinho merupakan sosok pelatih yang kontroversional. Ketika dia masih menjadi pelatih Real Madrid, sosoknya merupakan sosok yang paling dibenci oleh para pendukungn Barcelona. Akan tetapi, ternyata di balik semua itu ada kenyataan yang pasti membuat public kaget. Ternyata Mourinho merupakan penggemar Barcelona.

Hal mengejutkan tersebut disampaikan oleh Joan Laporta yang merupakan mantan Presiden Barcelona. Dia juga mengatakan jika Mourinho juga sempat menjadi kandidat pelatih Barcelona pada tahun 2008-2009. Namun akhirnya pihak Barcelona lebih memilih Pep Guardiola sebagai pelatihnya.

“Mourinho termasuk salah satu fans Barca. Dia pun juga calon terkuat pelatih Barca pada tahun 2008-2009. Akan tetapi, waktu itu kami lebih memilih Pep Guardiola sebagai pelatih El Barca. Dan tentu saja keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan yang sudah kami lakukan,” kata Laporta.

Sosok Mourinho memang sosok yang cukup dikenal di Barcelona. Pasalnya, dia pernah menjabat sebagai asisten pelatih Barcelona, Bobby Robson pada tahun 1996 sampai dengan 2000.

Seperti yang sudah diketahui jika pada akhir musim 2011-12, Guardiola secara resmi mundur dari kursi jabatannya sebagai pelatih. Prestasi yang sudah dia persembahkan untuk EL Barca pun cukup banyak, yaitu mempersembahkan 14 titel juara. Laporta menilai jika pengunduran diri yang dilakukan oleh Pep tersebut dikarenakan oleh kebijakan dari sang Presiden klub, Sandro Rosell.

“Menunur saya, Guardiola dipaksa untuk mengambil bagian di posisi yang tidak diinginkannya. Saya tahu jika Pep memiliki banyak gagasan untuk Barcalona. Akan tetapi, Rosell dan jajarannya tidak berminat dengan hal tersebut. Tidak hanya itu, dia pun juga mengingatkan mereka jika mereka sudah terlalu banyak melibatkan Laporta di Barcelona, ” tambah Laporta.

“Saya bukanlah sahabat dari Presiden Rosell. Oleh sebab itu, semua yang sudah dia lakukan tentu menyakiti saya. Saya lebih respect terhadap Presiden Real Madrid, Florentino Perez,” pungkas Laporta.

Sebagai catatan, banyak gelar yang ciraih dalam masa kepemimpinan Laporta. Gelar-gelar tersebut yaitu 4 gelar juara La Liga musim 2004-05, 2005-06, 2008-09 dan 2009-10, piala Super Spanyol tahun 2005, 2 kali juara Liga Champions Eropa musim 2005-06 dan 2008-09, piala Super Eropa tahun 2009 dan yang terakhir yaitu Piala Dunia Antar Klub pada tahun 2009.