Klub Manchester United saat ini memang masih dalam suasana kurang bagus mengingat klub raksasa asal Inggris tersebut akhir musim ini ditinggalkan oleh sang pelatih senior Sir Alex Ferguson. Kepergian sang pelatih asal Skotlandia tersebut dikarenakan faktor usai yang menuntutnya untuk segera pensiun dan memikirkan masa tuanya. Setelah banyak berjasa mengantarkan kemenangan demi kemenangan untuk Manchester United, Sir Alex tentunya akan sangat dirindukan mengingat dirinya adalah suksesor Manchester United yang kini menjelma menjadi salah satu klub terbesar di dunia dan memiliki aset yang berlimpah.

Kabar tenntang kepergian Sir Alex Ferguson tersebut tentu menjadikan banyak pemain Manchester United sangat rindu besutan pelatih yang akrab disapa Fergie tersebut. Salah satu pemain yang sangat merasa kehilangan atas pensiunnya Sir Alex adalah Rio Ferdinand. Setelah bertahun – tahun berada dibawah besutan tangan dingin Sir Alex kini dirinya harus mampu beradaptasi dengan kondisi dimana dirinya sudah tak lagi dibimbing oleh Sir Alex.

Setelah Sir Alex memutuskan untuk pensiun, Rio Ferdinand pun menunjukkan jiwa besarnya yang akan dipersembahkannya kepada klub Manchester United. Rio Ferdinand yang merupakan mantan pemain klub Leeds United tersebut menyatakan bahwa dirinya memutuskan untuk keluar dari skuat The Three Lions yang merupakan Timnas Inggris. Pengunduran diri Rio Ferdinand tersebut merupakan usaha dirinya agar bisa tampil maksimal dengan klub Manchester United yang telah dibelanya sejak lama tersebut.

Usai mengundurkan diri dari Timnas Inggrs, Rio Ferdinand dihadapkan dengan kondisi dimana kontrak kerjasama antara dirinya dengan klub Manchester United akan berakhir pada akhir musim ini. Berkaitan dengan kabar habisnya masa kontrak tersebut Rio Ferdinand yang telah berumur diatas 30 tahun tersebut harus siap dengan segala macam keputusan klub Manchester United atas dirinya. Dengan usia yang tak lagi produktif tersebut Rio Ferdinand tentu akan terancam mengakhiri karirnya sebagai pemain sepakbola bila pihak menejemen Manchester United mengahiri kontrak kerjasama dengan dirinya. Namun hal tersebut tak terjadi. Rio Ferdinand akhirnya mendapatkan konrtak baru selama satu tahun kedepan bersama The Red Devils.