Klub Borussia Dortmund kali ini akan kembali berhadapan dengan Bayern Munich yang merupakan rival berat mereka di Liga Jerman. Namun kali ini kedua klub raksasa asal Jerman tersebut saling berhadapan di kompetisi Liga Champions yang merupakan kompetisi paling bergengsi di seluruh dataran Eropa. Kedua klub yang sama tangguhnya tersebut akan menghiasi laga final Liga Champions yang digelar di Wembley Stadium pada hari Sabtu, 25 Mei 2013 mendatang. Pada laga tersebut peran dua orang pelatih dari kedua tim akan sangat berpengaruh pada gaya permainan yang ditunjukkan oleh masing – masing tim.

Berkaitan dengan laga final tersebut, diyakini memang kemenangan akan berpihak pada klub Bayern Munich. Pasalahnya dalam empat pertemuan terakhit kedua tim tersebut berakhir dengan kemenangan klub Bayern Munich. Tentu catatan tersebut membuat mental para punggawa Borussia Dortmund menjadi kian menurun. Terlebih sang pelatih Dortmun, Juergen Klopp menganggap laga melawan Bayern Munich merupakan laga yang berat. Namun bagi sang pelatih Dortmund tersebut berbagai kemungkinan masih akan terjadi disepanjang pertandingan final nanti.

Berawal dari rekor kekalahan empat kali dalam perjumpaan terakhir dengan Bayern Muncih, sang pelatih Juergen Klopp disebut – sebut akan mengeluarkan jurus anyar yang tak seperti biasanya guna menghindari kekalahan yang mungkin akan terulang. Kegagalan yang diterima oleh Dortmund dalam laga terakhir mereka melawan Munich tentu menjadi catatan tersendiri dalam persiapan mereka menghadapi laga final Liga Champions nantinya.

Saat dikonfirmasi mengenai persiapan yang dilakukan oleh sang pelatih Juergen Klopp terhadap pada anak asuhnya di klub Borussia Dortmund, sang pelatih tersebut menanggapinya dengan mengatakan bahwa saat ini klub masih sedang menjalani proses latihan yang ketat guna tampil maksimal di partai final. Sedangkan saat ditanya mengenai gaya permainan yang akan diperagakan oleh pasukan Dortmund di laga final nanti, Juergen Klopp mengaku bahwa dirinya tak akan mengubah gaya permainan Dortmund.

Juergen Klopp yang menyanggah adanya perubahan gaya permainan untuk menghindari kekalahan tersebut mengungkapkan bahwa dirinya menolak untuk melakukan perubahan. Bagi klopp skuat Borussia Dortmund tak ingin melakukan adaptasi atas siapa yang akan menjadi lawannya.