Pelatih baru Chelsea Jose Mourinho nyatakan bila memang Liga Primer Inggris sangat jauh berubah sejak dirinya berhenti menjadi pelatih Chelsea enam musim silam. Hasil itu telah terjadi pembuktian jika saat ini semua tim dalam kompetisi Liga Primer Inggris memiliki kesempatan sama untuk dapat saling mengalahkan. Selain itu tim besar baru juga banyak berkembang sejak 2007 silam. Saat ini Manchester City dan Tottenham Hotspur memang menjadi penggangu dari dominadi empat besar Manchester United, Chelsea, Liverpool dan Arsenal.

Untuk itu Jose Mourinho bangga dengan kompetisi Liga Primer Inggris yang terus berkembang menjadi kompetisi dengan sangat kompetitif. Terbukti setiap klub dalam kompetisi musim depan memiliki banyak pemain bertalenta dunia walau tim non unggulan. Bahkan musim lalu Jose Mourinho juga sangat terkejut dengan tenggelamnya Manchester City atas Wigan Athletic dalam final Piala FA Cup. Hasil itu memberikan bukti jika Liga Primer Inggris tetap menjadi yang terbaik dengan setiap klub memiliki karakter untuk menang dalam kompetisi.

Jose Mourinho tegaskan memang saat ini Liga Primer Inggris bukan kembali menjadi kompetisi terbaik eropa. Namun jika semua klub mampu berikan bukti seperti musim terdahulu maka Liga Primer Inggris mampu untuk kembali menjadi yang terbaik dunia dan eropa. Selain itu kompetisi Liga Primer Inggris merupakan kompetisi sulit dengan banyak klub besar saat ini dengan perkembangan luar biasa jelas Jose Mourinho.

Dalam laman resmi Chelsea hari ini Jose Mourinho bicara banyak bila memang saat ini Manchester City adalah kekuatan paling besar. Bahkan Manchester United dan Arsenal bukan lagi masalah sebab mereka memiliki kekuatan finansial bagus dengan dukungan pemain hebat dan pelatih sekelas Manuelle Pelegrini jelasnya. Memang Liga Primer Inggris tidak lepas dengan Manchester United dan Arsenal. Namun Jose Mourinho berikan prediksi bila kedua klub itu akan alami penurunan dengan kerasnya persaingan dalam satu atau dua musim kedepan.

Walau Liverpool sangat bagus dalam sejarah namun mereka adalah klub yang saat ini sangat bagus untuk sisi turnamen bukan liga. Hasil itu terbukti selama 20 musim terakhir gagal dapatkan gelar Liga Inggris.