Menjelang laga semifinal Piala Konfederasi antara timnas Brasil kontra Uruguay dini hari nanti, penjaga gawang andalan Brasil, Julio Cesar meminta rekan-rekannya untuk fokus dan tetap waspada terhadap Luis Suarez dkk. Pasalnya, dalam babak kualifikasi grup A, Brasil dapat melangkah mulus ke babak semifinal setelah meraih hasil sempurnya dan menjadi pemuncak grup A. Banyak yang mmeprediksikan bahwa Brasil akan bisa melaju babak final dan akan bertemu dengan Spanyol.

Kendati demikian, Uruguay bukanlah merupakan tim yang pantas untuk diremehkan. Kendati tampil kurang meyakinkan pada laga awal Piala Konfederasi kontra Spanyol yang harus takhluk 1-2, namun performa fantastis ketika Luis Suarez dkk berhasil membantai Tahiti 8-0 beberapa waktu lalu membuat timnas Selecao harus tetap waspada. Seperti yang diketahui, Uruguay akhirnya memastikan menjadi runner up grup B dan melaju ke babak Semifinal usaih menakhlukan Tahiti 8 gol tanpa balas.

Sedangkan, kalau dilihat dari rekor pertemuan kedua tim. Uruguay memang belum pernah meraih kemenangan atas Brasil dalam 12 tahun terakhir. Namun, hal ini bisa menjadi motivasi tersendiri untuk Edinson Cavani dkk untuk mematahkan rekor tersebut. Seperti yang diketahui, Uruguay terakhir bisa meraih kemenangan atas timnas Samba adalah pada tahun 2001 yang lalu, ketika itu tim berjuluk La Celeste itu berhasil menakhlukkan Brasil dengan skor tipis 2-1 di ajang kualifikasi Piala Dunia. Dalam pertemuan terakhir, Brasil berhasil mengalahkan Uruguay dengan skor telak 4-0 di babak kualifikasi Piala Dunia 2010 lalu.

“ Laga semifinal antara Brasil kontra Uruguay akan berlangsung sengit dan ketat. Uruguay merupakan tim yang kuat. Mereka memiliki sejumlah penyerang yang berkualitas bagus. Kami tidak boleh meremehkan mereka, kami harus tetap fokus dan meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. “ ujar penjaga gawang milik Queens Park Rangers itu.

“ Kami memang memiliki rekor yang lebih baik ketimbang mereka (Uruguay). Namun, hal ini justru akan membuat mereka semakin bersemangat untuk bisa mengalahkan kami dan mematahkan rekor buruk mereka. “ pungkas Julio Cesar