IniestaMantan Pelatih Real Madrid Jose Mourinho mendapatkan cibiran dari pemain Barcelona Andres Iniesta. Mourinho disebut Iniesta sudah merusak sepakbola Spanyol.

Era Mourinho di Madrid habis di akhir musim 2012-13. Kedua kubu memutuskan berpisah setelah tiga musim penuh bersama-sama. Kerjasama yang telah lama itu memutuskan kedua beah pihak untuk tak perpanjang kontrak lebih lama lagi. Kini pelatih asal Portugal tersebut sudah kembali ke Chelsea, klub yang juga pernah ia tangani pada periode 2004–2007 lalu.

Selama tiga musim di Madrid Mourinho, seperti biasa, acapkali terlibat kontroversi. Ia pernah menjawil kuping Pelatih Barca Tito Vilanova–saat itu masih menjadi asisten pelatih, mengkritik wasit, juga menyindir gaya Barca dan pemainnya.

Di akhir era kepelatihannya di Santiago Bernabeu, Mourinho juga kehilangan respek dari sebagian suporter klubnya sendiri setelah menepikan kiper Iker Casillas. Ia bahkan menempatkan Casillas ke bangku cadangan serta pemain-pemain besar lainnya yang menurutnya tidak sesuai dengan gaya permainannya. Mourinho pun beberapa kali dikabarkan sudah tidak akur dengan beberapa pemain Madrid lain.

Kepergian Mourinho dari Madrid masih membawa masalah-masalah yang ia alami dengan para pemainnya selama di Madrid. Masalah itu nampaknya tak terselesaikan dengan baik. Kedua pihak bermasalah namun tak ingin membawa rasa sakit hati untuk musim depan.

Kepergian Mourinho dari Madrid ke Chelsea lantas diikuti dengan sejumlah reaksi. Ada yang mengiringinya dengan pujian dan apresiasi positif, ada pula yang melontarkan cibiran dan kritikan. Melalui kata-katanya kali ini, Iniesta masuk ke golongan yang terakhir.

Cibiran terlontar karena ulah tingkah Mourinho yang dianggap diluar batas kewajaran. Keputusan yang ia ambil dengan tidak memasukan pemain andalah klub dalam pertandinga besar. Sampai pada puncaknya para pemain yang merasa dirinya tak dibutuhkan dalam klub mencoba untuk tak melanjutkan kontrak bersama Madrid dan ingin hengkang.

Namun sang Manajer nampaknya lebih menyayangkan kehilangan para pemain andalannya daripada satu orang pelatih. Keputusan ini membawa Madrid menghentikan kontrak denga Mourinho sehingga Mourinho teken kontak baru dan kembali ke Chelsea.

“Anda tinggal melihat fakta-faktanya saja,” kata Iniesta.

“Ya, ia sudah merusak sepakbola Spanyol, secara umum (membawa) hal-hal buruk ketimbang (membawa) hal bagus,” cibir pemain internasional Spanyol tersebut.

“Tapi aku sama sekali tidak suka membicarakan orang. Jadi jika Anda tidak keberatan, kita berhenti saja sampai situ,” lugas Iniesta.