Spanyol dalam beberapa tahun terakhir memang sangat mendominasi pertandingan, hingga saat ini dominasi tersebut masih mereka pegang. Rryan Giggs yang merupakan gelandang dari Manchester United yakin bahwa dominasi Spanyol masih dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Spanyol punya kemampuan olahraga tak hanya dalam dunia sepakbola, namun negeri Matador tersebut juga punya beberapa pemain hebat di Moto GP, F1 dan Tennis. Namun dalam Sepak bola kini semakin jelas dominasinya didunia olahraga.

Tak hanya timnas senior yang mampu mengibarkan sayapnya setelah dua kali menjadi juara Piala Eropa dan juga menjadi Juara Dunia 2010. Tim nasional U-21 juga nampaknya mampu mendominasi setiap laganya, mereka meraih juara Piala Eropa yang diselenggarakan di Israel. Keberhasilan yang didaatkan timnas U-21 juga merupakan keberhasilan kedua dalam Piala Eropa U-21 di dua edisi terakhir. Dominasi ini nampak nyata kerena baik timnas Senior, timnas U-21 dan timnas U-19 berhasil memperoleh kemenangan dalam tiap laganya.

Spanyol punya banyak pemain hebat dalam skuatnya dan pemain-pemain yang berpengalaman di lapangan hijau. Hal tersebut menjdikan Spanyol menjadi tim terbaik dunia saat ini dan akan berlangsung lama jika mereka dapat selalu berkembang tiap musimnya”Spanyol punya banyak pemain bintang seperti (Andres) Iniesta,  (Cesc) Fabregas, dan Xavi (Hernandez). Mereka punya kemampuan yang hebat dengan mempermainkan bola,” ujar Giggs.

Dominasi yang dilakukan Spanyol telah berlangsung selama enam tahun terakhir dan ini adalah rekor yang sangat baik serta tak ada klub yang mampu melakukan seperti yang Spanyol lakukan.”Mereka telah bermain secara dominan di level tertinggi dalam sekitar enam tahun terakhir.”

Lalu timnas U-21 akan mencoba melakukan hal yang sama dengan apa yang telah dilakukan sebelumnya oleh par pemain senior, mereka telah menunjukan kualitasnya adalah level tertinggi dan dominasi ini akan berlangsung untuk waktu yang lama dan akan tetap bertahan seperti itu.

Saat ini, tim nasional senior Spanyol berlaga dalam Piala Konfederasi, dominasi tiap pertandingan tetap mereka pegang. Mereka telah dipastikan lolos kebabak semifinal atas kemenangan yang terakhir mereka dapatkan saat melawan Tahiti dengan skor telak 10-0.