Kabar yang berhembus beberapa waktu lalu akhirnya  terbukti kebenarannya. Klub Manchester United mengumumkan pengunduran diri Sir Alex Ferguson sebagai pelatih di akhir musim ini.

Bagi jagad sepakbola Inggris dan bahkan internasional, Alexander Chapman Ferguson bukan sekedar pelatih dan manajer klub namun dia juga legenda dan figure panutan yang membawa Manchester United memperoleh 38 gelar juara sejak mengambil alih klub di tahun 1986 dari Ron Atkinson. Rencana berhentinya Ferguson dinilai sebagai akhir suatu jaman penting untuk sepakbola Inggris.

Kabar ┬ápengunduran diri Ferguson terlihat mengagetkan. Baru awal bulan ini Ferguson menyampaikan jika tidak terpikirkan olehnya untuk pensiun menjadi pelatih, usai klub mengumumkan dia bakal menjalani operasi pinggul musim panas ini. Waktu itu, Fergie masih berkata : “Di dunia sepakbola, tidak mudah untuk percaya dengan apa yang akan terjadi esok. Namun saya tidak berencana untuk meninggalkan sesuatu yang sangat istimewa untuk saya.”

Dalam pernyataannya yang dikutip klub Manchester United, Ferguson mengaku ia sejatinya sudah memikirkan untuk berhenti sejak beberapa waktu lalu. “Ini bukan keputusan yang mudah untuk saya. Ini waktu yang pas. Penting untuk saya meninggalkan suatu organisasi dalam situasi yang terkuat. Dan saya rasa, saya sudah melakukannya.”

Manchester United tidak memberi tanda-tanda siapa yang bakal menjadi pengganti Ferguson. Pelatih Everton David Moyes dikabarkan sebagai kandidat penggantinya. Begitu pun pelatih Real Madrid, Jose Mourinho yang memiliki hubungan dekat dengan Ferguson. Mourinho dikabarkan bakal hengkang dari klubnya di akhir musim yang pada awalnya dipastikan bakal bergabung dengan klub lamanya, FC Chelsea. Tetapi, negosiasinya berhenti sebab ada klausul pelepasan yang mesti dibayarkan klub kepada Madrid.

David Gill, direktur Manchester United yang juga bakal berhenti Juni tahun ini, menyampaikan penghormatannya untuk Ferguson. “16 tahun bekerja sama dengan Alex merupakan hal yang akan selalu saya ingat. Berbagai gelar juara dan pembelian pemain hebat kami lewati bersama. Visi Alex, energi dan kemampuannya sudah membangun tim yang dapat diandalkan penerusnya. Ia merupakan figur terbaik dan paling setia di dunia olahraga.”

Machester United pun mengatakan, Ferguson bakal tetap menjadi bagian dari Old Trafford usai pensiun sebagai direktur olahraga dan duta besar klub. Laga terakhir Ferguson bakal dimainkan 19 Mei mendatang ketika United melawat ke stadion West Bromwich.