JawaTimur saat ini menjadi venue perhelatan AFF U-19 Youth Championship 2013. Gelora Delta Sidoarjo dan Stadion Petrokimia Gresik juga akan meriah hingga 22 September mendatang sebab menjadi ajang pertarungan tim-tim muda di kawasan Asia Tenggara.

Sidoarjo dapat menjadi ajang pertemuan fans sepak bola dari Malang (Aremania), Sidoarjo (Deltamania), Surabaya (Bonek), hingga daerah lain seperti Pasuruan dan Mojokerto. Sedangkan Gresik memberi kesempatan kepada supporter asal Lamongan (LA Mania), Bojonegoro, Surabaya, Tuban, hingga Gresik sendiri. Kedua tempat ini merupakan tempat yang sangat strategis.

Sekarang ini 11.000 suporter memasuki Gelora Delta Sidoarjo. Hal itu diperkirakan akan terus bertambah jika Timnas U-19 menuai hasil positif di pertandingan berikutnya. “Hampir semua komunitas suporter di Jawa Timur hadir di Gelora Delta. Mereka menanggalkan identitas sebagai supporter klub dan total mendukung timnas muda,” jelas Syaiful Baqirok.

Totalitas dukungan di stadion juga tak perlu dipertanyakan. Ratusan fans timnas Indoneisa rela mencopot kaus dan menari bersama di Gelora Delta. Sebuah pemandangan yang membuat ‘merinding’ jika mengingat di lapangan adalah timnas U-19, bukan timnas senior.

Totalitas dukungan di stadion juga tak perlu dipertanyakan. Ratusan suporter rela mencopot kaus dan menari bersama di Gelora Delta. Sebuah pemandangan yang membuat ‘merinding’ jika mengingat di lapangan adalah timnas U-19, bukan timnas senior.

Sayang masih ada keluhan terkait ditunjuknya Gelora Delta Sidoarjo, yakni dari panitia lokal. Pihak panitia menilai Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kurang memberi dukungan terhadap hajatan timnas itu, dengan tingginya pajak tontonan yang diberlakukan dari penjualan tiket.

Dia sangat yakin minat penonton akan terus menanjak di laga berikutnya karena pada laga perdana silam masih ada publik bola yang mengetahui ada perhelatan Piala AFF U-19 di Sidoarjo. “Baru setelah pertandingan lawan Brunei banyak yang mencari informasi soal pertandingan berikutnya sekaligus harga tiket,” tambahnya.

Para suporter sudah siap untuk mempersiapkan yel-yelnya untuk tetap membuat para timnas menjadi lebih bersemangat lagi.. Walaupuun harus menunggu lama namun para fans Timnas Indonrsia.