Sekarang ini Arsenal ada di posisi ke empat dengan perolehan 70 pon, sedangkan Chelsea ada di posisi ketiga dengan perolehan poin 72 poin. Arsenal memiliki catatan memasukkan dan kemasukan gol 71-73 sedangkan Chelsea memiliki catata memasukkan dan kemasukan gol 73-38. Di pertandingan terakhirnya, pemain besutan Arsene Wenger bakal melawan Everton, sedangkan  pemain besutan Rafael Benitez bakal melakukan lawatan ke ke St James Park, yang merupakan rumah dari klub Newcastle.

Rencana laga play-off pun dapat terjadi apabila  Chelsea bermain imbang tanpa gol dengan Everton, sedangkan Arsenal dapat mengalahkan The Magpies  dengan perolehan nilai 2-1. Dengan begitu, catatan memasukkan dan kemasukan gol tim besutan Arsene Wenger itu adalah 73-38, dan itu berarti sama dengan apa yang diperoleh  oleh Chelsea.

Apabila yang terjadi adalah seperti itu, maka laga play off pun bakal diadakan untuk menentukan siapa yang paling berhak ada di posisi ketiga. Dan hasil ini merupakan hal yang penting mengingat klub yang ada di posisi ketiga secara otomatis akan langsung masuk ke babak utama Liga Champions tanpa melalui babak kualifikasi.

Petr Cech , penjaga gawang Chelsea pun menyampaikan jika itu merupakan hal yang tidak adil apabila timnya harus menjalani pertandingan play-off  yang pasti melawan Arsenal.

“Saya sama sekali tidak paham dengan semua ini. Saya mengerti jika semua ini merupakan peraturan yang sudah ada sejak dulu, akan tetapi kami kami sudah mengalahkan mereka dua kali di musim ini, yaitu laga kandang dan tandang. Dan menurut saya ini tidak adil,” ujar Petr Cech

“Bermain dalam laga play-off  bakal sangat menegangkan. Akan tetapi itu memang sudah ada dalam aturan, dan kami pun tidak dapat mengelak lagi. Namun saya sangat berharap jika semua ini tidak akan terjadi, kami tidak perlu melakukan laga tersebut,”pungkasnya.

Liga Primer Inggris memang tidak mengenal head to head seperti pada Seri A di Italia. Apabila poin dan beda gol dua tim sama, maka mesti ditentukan dengan laga play-off.