Sergio Busquets telah memutuskan untuk tetap beromitmen pada Barcelona. Komitmen yang ditunjukan oleh gelandang Internasional Spanyol tersebut adalah dengan perpanjangan kontrak kerjasama hingga 2018.

Busquets punya kontrak yang hampir usai dengan Barca dan nampaknya masa depannya menjadi spekulasi. Sehingga untuk memperjelas tentang masa depannya bersama dengan Barca, perpanjangan kontrak dipilih sebagai salah satu cara yang diambil untuk mempertahanan si pemain dalam skuat Barca.

Dalam konferensi pers yang dilakukan pada hari Selasa (16/7/2013), dan bertepatan dengan hari jadi Busquets yang ke 25. Saat itu Andoni Zubizarreta selaku Direktur Sepakbola dari klub Barca menyampaikan berita tentang perpanjangan kontrak yang dilakukan oleh Busquets.

Berdasarkan berita yang telah beredar bahwa kontrak kerjasama yang terjalin antara Busquets  dengan Barca mengikat si pemain untuk tetap tinggal di Camp Nou hingga 2018. Namun ia masih punya opsi untuk dapat perpanjanga satu tahun. Dan nilai klausul buyout Busquets untuk dapat memiliki Busquets  hingga mencapai nilai 150 juta euro.

Busquets  merupakan adalah saat pemain yang diandalkan dalam Barca, ia telah bermain dengan menunjukan performannya dengan sangat cemerlang. Sehingga si pemain wajar jika punya nilai klausul buyout dengan nilai yang sangat besar.

Catatan yang dimiliki oleh pemain senior dari The Catalans yang bergabung sejak 2008 lalu nampaknya punya catatan yang dapat diperhitungkan. Sejak awal debutnya bersama dengan Barca¸ Busquets  telah bermain sebanyak 238 kali pertandingan. Busquets  adalah pemain yang merupakan lulusan dari La Masia. Ia dapat mencetak sebanyak delapan gol dari banyanya laga yang ia mainkan.

Busquets nampaknya telah mengalami dua kali perpanjangan kontrak selama di Barca. Ia adalah pemain senior yang punya kesempatan bermain cukup banyak selama bergabung dengan Barcelona.  Sebelum ini ia telah melakukan peranjangan kontrak dengan Barca pada tahun 2011 lalu.

Busquets merupakan pemain yang cukup lama telah bergabung dengan Barca dan ia memang telah paham dengan cara permainan dari Barcelona dan juga tentang gaya permainan dari masing-masing pemain.