Kiper sekaligus kapten Timnas Italia, Gianluigi Buffon menyatakan jika dia merasa bangga dan bahagia lantaran pada akhirnya bisa mengantarkan timnya untuk meraih tempat ketiga Piala Konfederansi 2013. Sejumlah sanjungan pun diberikan untuk teman-teman satu timnya, walaupun dinilai terlambat.

Dikatakan terlambat karena seharusnya Gli Azzurri mampu menunjukkan permainan terbaiknya pada partai semifinal saat melawan Spanyol. Akan tetapi, Buffon masih  bersyukur atas keberhasilannya dalam meraih posisi ketiga Piala Konfederasi 2013. Kemenangan tersebut didapat saat melawan Uruguay dini hari tadi dengan drama adu penalty dengan perolehan skor 3-2.

“Saya memang harus bangga dengan apa yang sudah dilakukan oleh tim ini. Laga ini merupakan laga yang tidak mudah. Bisa saja kami akan mengalami hal yang sulit apabila kami tidak mempunyai karakter yang luar biasa,” kata Buffon.

“Kemenangan yang kami dapatkan ini bukanlah kemenangan yang mudah, kami mesti berjuang dengan sekuat tenaga sampai akhir pertandingan. Hal ini karena sebelumnya, saat pertandingan melawan Spanyol, saya tidak bisa memberi kebahagiaan pada teman-teman saya. Namun saat ini saya merasa sangat senang karena bisa membayar kekalahan tersebut dengan sebuah kemenangan yang luar biasa,” tambah Buffon.

Hadir sebagai wakil Eropa, Italia memang merasa memiliki tanggung jawab yang begitu besar. Apalagi saat memakai kostum kebesaran La Nazionale. Namun pada akhirnya, tim besutan Cesare Prandelli tersebut dapat tersenyum puas karena bisa kembali ke Italia dengan membawa trofi juara ketiga “Piala Dunia mini” itu.

“Jika kami tidak meraih kemenangan pasti kami akan sangat menyesal. Terlebih kami usai dua hari bermain dalam situasi yang begitu panas dan itu cukup membuat kami kesulitan. Namun kami memiliki semangat yang besar. Sekali lagi, ini membuat kami bisa menghormati jersey kebanggaan kami dengan cara yang terbaik,” lanjut Buffon.

“Pertandingan tersebut menjadi sulit untuk dinilai sebab sesuai faktanya, kami mampu untuk berjalan ke lapangan dan tidak merangkak. Hal tersebut sudah merupakan mukjizat tersendiri bagi kami. Mampu meraih kemenangan akab menunjukkan kemampuan kami yang sesungguhnya,” pungkas Buffon.