Timnas Spanyol memang selama ini tercatat sebagai tim paling tanggu yang sering mendominasi gelar juara di berbagai ajang kompetisi sepakbola antar negara – negara di dunia. Terbukti Timnas Spanyol yang berjuluk La Furia Roja tersebut mampu menjadi pemenang di ajang Piala Dunia tahun 2010 kalu. Dengan torehan yang telah dicatatnya, Timnas Spanyol merupakan tim yang dinilai selalu mampu mendominasi berbagai kompetisi sepakbola. Dengan adanya kesuksesan yang terus didominasi oleh negara Spanyol tersebut, para negara lawan pun seolah tak memiliki kesempatan untuk menaikkan gengsi mereka dengan menjuarai kompetisi.

Saat ini La Furia Roja bersama sang pelatih Vincente del Bosque tercatat sebagai skuat tim paling solid yang siap untuk merebut gelar juara di ajang kompetisi Piala Konfederas tahun 2013 dimana kompetisi tersebut berlangsung di negara Brazil. Kesuksesan di dua laga babak penyisihan grup tentu sudah cukup untuk menunjukkan kualitas permainan yang mereka miliki. Bermaterikan para pemain bintang yang sukses berlaga di kompetisi level tertinggi sepakbola Eropa, Timnas Spanyol siap untuk mendominasi kompetisi tersebut. Bahkan sang tuan rumah, Timnas Brazil pun merupakan target skuat tim yang ingin mereka takhlukan.

Namun untuk timnas Brazil sepertinya Spanyol akan menemui jalan terjal mengingat skuat tim Samba yang berlaku sebagai tuan rumah tersebut juga tak kalah kuat bila dibandingkan dengan Tim Matador. Berbagai pemain berkualitas asal Brazil saat ini sedang berkumpul untuk membela negara mereka yang sedang mengadakan ajang kompetisi Piala Konfederas. Sebagai tim tuan rumah, tentu Timnas Brazil memiliki kekuatan yang lebih besar mengingat mereka disaksikan oleh publik sendiri yang siap untuk mendukung perjalanan mereka dalam mengincar gelar juara di ajang Piala Konfederasi tersebut.

Suksesnya Timnas Spanyol dalam mengikuti perhelatas sepakbola kelas Internasional tentu membuat para pemain menjadi semakin bersemangat untuk bisa menjuarai Piala Konfederasi tahun 2013 ini. Terlebih saat ini Timnas Spanyol tak ingin kalah dengan skuat Timnas Junios Spanyol yang telah berhasil menyabet gelar juara Piala Eropa U-21.