Rafael BenitezSekarang ini Benitez masih berstatus sebagai pelatih sementara Chelsea. Akan tetapi, besar kemungkinan The Blues tidak akan mempermanenkan statusnya. Terlebih, klub asal London barat tersebut dikabarkan sudah mengontrak Jose Mourinho sebagai pelatih Chelsea di musim depan.

Berdasarkan kabar yang beredar menyebutkan jika Garcia Manuel Quillon, agen Benitez, sudah melakukan pertemuan dengan Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis. Lebih jauh, pertemuan tersebut disebutkan berjalan lancar dan pelatih berumur 53 tahun tersebut semakin dekat dengan kesepakatan untuk melatih Napoli dengan nilai kontrak 3,2 juta Euro (40 miliar Rupiah) per musim dengan durasi dua musim, ditambah pilihan perpanjangan sampai musim ketiga.

Kabar itu memperoleh respon yang baik dari Jaime Ortiz, mantan presiden Valencia yang menjabat ketika klub tersebut dilatih oleh Benitez. Jaime Ortiz, menginginkan pelatih asal Spanyol tersebut berada di I Partenopei daripada Paris Saint-Germain.

“Benitez merupakan pelatih yang luar biasa. Pasalnya, saat dia di Valencia kami sukses memenangkan dua gelar Liga, satu Piala UEFA dan Piala Super Eropa. Dia merupakan salah satu pelatih papan atas dunia terkait perolehan trofi.Dia pun juga mempunyai semua yang dibutuhkan untuk melatih tim papan atas,” ujar Ortiz.

Usai melatih Valencia, Benitez lalu pindah ke Liverpool . Di Liverpool pun dia sukses mempersembahkan empat gelar, termasuk satu trofi Liga Champions. Karirnya menurun ketika dia bergabung bersama Inter. Dia diberhentikan saat belum genap semusim, akan tetapi dia pun  sempat menghadirkan trofi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

Usai dipecat oleh Inter di akhir tahun 2010, eks pemain dan pelatih Real Madrid B itu tidak bekerja dua tahun sebelum akhirnya diangkat sebagai pelatih sementara Chelsea di akhir tahun 2012, untuk menggantikan Roberto Di Matteo.

Selain Napoli, yang baru saja ditinggal pergi oleh pelatih Walter Mazzari, Paris Saint-Germain pun juga dikabarkan tertarik untuk memakai jasa Benitez. Seperti yang sudah diketahui jika PSG juga ditinggal oleh pelatihnya, Carlo Ancelotti.

“Saya memberi saran kepada Benitez untuk pilih Napoli, sebab saya pikir Napoli lebih baik daripada PSG. Ini bakal menjadi pilihan tepat untuk siapapun yang terlibat,”  tutup Ortiz .