Mantan pelatih Valencia musim kemarin Ernesto Valverde resmi bergabung dengan klub Liga Spanyol lainnya Athletic Bilbao. Pelatih yang sukses memberikan Valencia posisi lima besar dalam kompetisi akhir La Liga Spanyol kemarin itu resmi sepakat untuk bekerja mulai Juli mendatang di San Mames dengan durasi kontrak selama 2 musim kompetisi sampai akhir 2015 mendatang.

Pelatih yang sudah berpengalaman dengan banyak klub dari Liga Spanyol itu sangat senang dapat menukangi Athletic Bilbao musim depan. Ernesto Valverde sendiri sudah lama menjadi bidikan menejemen klub Athletic Bilbao sebagai pengganti dari pelatih lama Marcelo Bielsa yang mundur dari klub akhir musim kemarin setelah tidak sepaham dengan tujuan menejemen. Sebelumnya Ernesto Valverde sendiri sudah pernah melatih Athletic Bilbao selama dua musim kompetisi dalam musim 2003 sampai 2005 lalu.

Selain itu dalam sejarah karir pelatih 49 tahun tersebut saat menjadi pemain sepak bola professional juga besar dengan seragam Athletic Bilbao selama enam musim kompetisi. Untuk itu publik San Mames sangat berharap banyak dari tangan dingin Ernesto Valverde berikan hasil kinerja terbaik bersama klub musim depan. Ernesto Valverde sendiri kembali dari petualangannya sukses dengan Olympiakos untuk kompetisi Liga Yunani musim dingin 2012 lalu dengan Valencia.

Ernesto Valverde sukses gantikan Mauricio Pelegrino yang nyaris membuat Valencia terus alami banyak hasil kalah. Kinerja positif selama setengah musim kompetisi lalu serta memiliki sejarah bagus dalam karirnya membuat Athletic Bilbao tidak ragu untuk menunjuk kembali Ernesto Valverde sebagai pelatih klub kedua kalinya.

Hari ini Ernesto Valverde akan diperkenalkan untuk media dan fans Athletic Bilbao di San Mames stadium. Ernesto Valverde sangat bangga dengan kembali dapat menjadi pelatih Athletic Bilbao. Dirinya optimis akan dapat berikan hasil terbaik untuk masa depan klub yang musim kemarin hanya dapat finis untuk posisi 14 klassemen akhir Liga Spanyol.

Dalam laman resmi Athletic Bilabo menejemen klub tidak sebutkan besaran kontrak kerja yang disepakati oleh Ernesto Valverde selama dua musim kedepan. Tapi Ernesto Valverde dapatkan peluang untuk bertahan dengan Athletic Bilbao lebih lama bila memberikan kinerja bagus dalam awal kepemimpinannya musim depan.